Senin, 24 Oktober 2016

Pengalaman PTS (Penilaian Tengah Semester)!

     PTS (Penilaian Tengah Semester) atau yang dulu disebut UTS (Ulangan Tengah Semester) merupakan kegiatan yang diselenggarakan pada pertengahan semester untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan siswa dalam hal akademik. Sebagian besar sekolah SMP baru saja menjalani kegiatan PTS ini, tak terkecuali SMP Labschool Jakarta. SMP Labschool Jakarta belum lama menjalani kegiatan PTS ini, kira-kira seminggu lalu, atau tanggal 3 Oktober 2016 para siswa dan siswi SMP Labschool mulai menjalani kegiatan PTS ini.

        Sebelum mengikuti kegiatan penilaian tengah semester (PTS) yang diselenggarakan oleh SMP Labschool Jakarta ini, para siswa dan siswi diminta untuk melunasi berbagai tagihan, seperti SPP, iuran native, dan iuran ekstrakulikuler untuk mendapatkan kartu legitimasi atau kartu peserta ujian (PTS). Setelah melunasi berbagai tagihan, para siswa dan siswi bisa meminta kartu peserta ujian ke ruang tata usaha (TU) SMP Labschool Jakarta. PTS (Penilaian Tengah Semester) dilaksanakan selama 5 hari, mulai dari tanggal 3 Oktober 2016 (hari senin) sampai tanggal 7 Oktober 2016 (hari jum’at).

       Pada hari pertama, siswa dan siswi akan melaksanakan ujian pelajaran Bahasa Indonesia dan Pendidikan Agama. Setiap hari, sebelum kegiatan PTS, siswa-siswi SMP Labschool dikumpulkan di hallma (hall masjid) untuk melaksanakan kegiatan doa bersama yang dihadiri seluruh kelas 7,8, dan 9. Doa dipimpin oleh salah seorang murid SMP Labschool Jakarta. Setelah melakukan kegiatan doa bersama, siswa dan siswi dibubarkan untuk menuju ruang Penilaian Tengah Semester (PTS) masing-masing, siswa dan siswi peserta PTS belum diperbolehkan masuk,  siswa dan siswi harus menunggu pengawas ruang untuk membuka segel ruangan PTS, peserta penilaian tengah semester (PTS) hanya diperkenankan memasuki ruang setelah segel dibuka oleh pengawas ruang. Hal itu dilakukan untuk mencegah adanya kecurangan.

Ilustrasi LJK
         Setelah segel ruangan PTS dibuka, siswa dan siswi peserta PTS diperkenankan masuk dan mengeluarkan alat tulis dari dalam tas mereka, setelah mengambil alat tulis siswa diwajibkan menaruh tas masing-masing di depan kelas dengan rapih. Jika ada seorang siswa yang tidak membawa perlengkapan seperti kartu peserta PTS, mereka diharuskan meminta surat ijin memasuki ruang ujian ke panitia PTS. Di ruangan PTS saya, satu kelas terbagi menjadi setengah kelas 7 dan setengah kelas 8, hal itu dilakukan untuk mencegah kerja sama antara siswa-siswi kelas 7 atau kelas 8.   Setelah itu, siswa dan siswi peserta PTS bersama-sama berdiri untuk berdoa dan menyambut guru pengawas. Setelah berdoa bersama, pengawas ruang PTS mulai membagikan soal dan Lembar Jawaban Komputer (LJK) kepada siswa dan siswi peserta PTS. Siswa dan siswi diperbolehkan mengisi Lembar Jawaban Komputer (LJK) setelah bel mulai PTS dibunyikan atau sekitar jam 07:30. Cara mengisi Lembar Jawaban Komputer (LJK) adalah  dengan menggunakan pensil 2B dan harus membulatkan jawaban yang menurut peserta benar dan harus harus dibulatkan dengan tebal agar mudah saat proses mengescan LJK. Siswa dan siswi mengerjakan soal-soal PTS dengan diawasi pengawas untuk mencegah contek mencontek antar siswa. PTS dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama dimulai dari jam 07:30 sampai jam 09:30, namun siswa siswi diperbolehkan keluar dari ruang PTS jam 09:15 jika sudah selesai mengerjakan seluruh soal PTS. Jika sudah selesai dan yakin dengan jawaban masing-masing, siswa dan siswi peserta PTS diperbolehkan keluar dari ruangan dengan soal dan Lembar Jawaban Komputer di atas meja masing-masing. Selanjutnya siswa dan siswi diperbolehkan untuk istirahat, mereka diperbolehkan makan atau belajar untuk pelajaran  selanjutnya.


         Istirahat dilakukan selama kurang lebih 30 menit. setelah istirahat, siswa dan siswi peserta PTS masuk kembali ke ruangan tes PTS masing-masing untuk melakukan tes sesi kedua, tes sesi kedua dilakukan dari jam 10:00 sampai jam 12:00. Setelahnya, siswa dan siswi peserta PTS dipersilahkan untuk bubar dan pulang ke rumah masing-masing. Setiap hari, peserta PTS mengikuti 2 sesi tes PTS, mulai dari hari senin sampai jumat. Mata pelajaran yang diteskan yaitu 10 mata pelajaran yang diteskan antara lain, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, PPKn, Matematika, IPA (fisika dan biologi), IPS, Penjasorkes, Seni Budaya (seni musik dan seni rupa), Prakarya dan Agama. Sekian dari saya.

3 komentar: