Jumat, 01 April 2016

Saksi 2016!

          Saksi merupakan kegiatan tahunan kelas 7 SMP Labschool Jakarta , saksi merupakan kepanjangan dari studi dan apresiasi kepemimpinan siswa Indonesia. Saksi 2016 dilaksanakan pada tanggal 5-7 Februari di Dodiklatpur, Gunung Bunder. Pembukaan acara Saksi 2016 dilaksanakan di hall masjid SMP Labschool Jakarta, acara pembukaan diisi oleh pidato dari Bapak Ali Chudori (kepala sekolah SMP Labschool Jakarta), rektor Universitas Negeri Jakarta, dan ketua BPS SMP Labschool Jakarta.
Sumber: wijayalabs.com
            Setelah acara pembukaan, siswa-siswi mulai memasuki truk tronton dan memulai perjalanan menuju Dodiklatpur, Gunung Bunder. Perjalan menuju tujuan lumayan jauh, namun saat berangkat keadaan jalanan lumayan sepi jadi perjalanan ditempuh tidak terlalu lama. Sekitar jam 09.30, siswa siswi sampai di Dodiklatpur, Gunung Bunder, truk tronton tidak dapat turun ke kaki gunung karena jalanan sangat miring, akhirnya siswa-siswi diturunkan dari truk tronton dan mulai turun mengikuti jalan ke lapangan Dodiklatpur. Sesampainya di lapangan, siswa-siswi mengikuti upacara kedatangan peserta Saksi 2016 dibawah teriknya matahari, setelah selesainya upacara pembukaan, siswa-siswi menuju barak yang telah disediakan Dodiklatpur, Gunung Bunder. Selanjutnya siswa-siswi SMP Labschool melakukan shalat jum’at di masjid terdekat dan menjamak ashar. Setelah shalat jum’at, siswa-siswi melakukan makan komando yang dipimpin oleh anggota TNI. Selanjutnya ada materi dari kelompok pecinta ular Indonesia. Setelah itu, siswa-siswi diberikan waktu untuk istirahat dan mandi di barak yang sudah ditentukan. Adzan maghrib berkumandang, siswa-siswi bersiap-siap untuk shalat maghrib dan jamak isya di mushala terdekat. Selesai shalat, ada kultum dari kelompok 1&2 putra-putri. Sekitar jam 10.30, siswa-siswi diperbolehkan untuk tidur di baraknya masing-masing.
            Hari kedua, siswa-siswi dibangunkan kakak-kakak OSIS untuk segera siap-siap melaksanakan shalat subuh, setelah shalat subuh ada kultum dari kelompok 3&4 putra-putri. Selesai shalat subuh, siswa siswi mengikuti kegiatan makan komando di jalanan luar barak. Setelah itu siswa-siswi dipersilahkan untuk mandi dan merapihkan barak masing-masing. Setelah sarapan, siswa-siswi mengikuti kegiatan outbond, ada 6 pos outbond, seperti pos lempar kapak, pos 2 tali, pos tali v, pos tali merangkak, turun tebing, dan flying fox. Setelah kegiatan outbond, siswa siswi berjalan menuju curug yang berada di sekitar Dodiklatpur, Gunung Bunder, disana siswa-siswi basah-basahan semua. Pulang dari curug, siswa-siswi mandi dan bersiap-siap  makan komando di barak. Setelah itu siswa-siswi ke hall serbaguna untuk melaksanakan kegiatan pentas seni. Pentas seni diisi dengan acara fashion show dan berbagai penampilan dari kelompok 1-9 putra-putri. Acara pentas seni selesai sekitar jam 10.30. Setelah itu siswa-siswi dipersilahkan untuk kembali ke barak masing-masing dan tidur.
Hari ketiga, siswa-siswi bersiap-siap untuk melaksanakan shalat subuh, setelah shalat subuh ada dua kultum dari kelompok 7,8, dan 9 putra-putri. Selesai kultum siswa-siswi bersiap-siap untuk pulang ke Jakarta, siswa-siswi mandi lalu membersihkan barak masing-masing. Setelah itu, siswa-siswi melakukan makan komando di lapangan Dodiklatpur. Selesainya makan komando, siswa-siswi membawa tas ke lapangan Dodiklatpur, Gunung Bunder untuk melaksanakan upacara penutupan acara Saksi 2016, setelah itu siswa-siswi menaiki truk tronton yang sudah ditentukan untuk pulang ke Jakarta. Saat perjalanan pulang, keadaan jalanan sangat macet sehingga waktu tempuh perjalanan pulang lebih lama dari waktu tempuh perjalanan pergi. Bagaimanapun siswa-siswi sampai di SMP Labschool Jakarta pada hari Minggu dengan selamat, siswa-siswi dijemput oleh orang tua masing-masing dan langsung pulang kerumah masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar